Jumat, 11 Februari 2011

Akses Internet Bebas Blocking

Kebijaksanaan dari suatu kantor atau sekolah kadang-kadang memang suka aneh. Akses internet tersedia, tetapi untuk beberapa komputer di block dengan alasan macam-macam. Hanya bagian atau orang tertentu saja yang bisa menggunakan internet, karena aksesnya dibuka oleh IT Support kantor. Padahal Anda tahu komputer yang anda gunakan bisa juga terhubung ke internet, namun browser Anda di blok oleh Administrator/IT Support ( gila men :p). Ingin menginstall browser lain, tapi hanya Administrator yang memiliki hak tersebut. Posting kali ini mudah-mudahan jadi jawaban untuk Anda yang akses internetnya di block oleh kantor atau sekolah :(

Tips yang satu ini agak lain, yaitu menggunakan fungsi Jump URL yang terdapat pada Paint, WordPad atau NotePad. Selama ini mungkin Anda tidak pernah tahu akan hal ini, bahwa ternyata Windows sudah menyediakan fungsi Jump URL pada beberapa programnya yang otomatis tersedia saat menginstall Windows. Namun tidak seperti program browser seperti IE atau Firefox atau browser lainnya, fungsi Jump URL ini banyak keterbatasannya. Namun ide utama untuk akses internet bebas blocking terpenuhi kan?

Caranya :

* Silahkan buka program Paint, WordPad atau Notepad. Kemudian klik menu Help, pilih Help Topics, atau tekan F1 untuk lebih mudahnya.

* Pada Window Help Topics, klik ikon tanda tanya pada ujung kiri atas, kemudian pilih Jump URL.

* Sebuah window Pop Up akan muncul dengan nama Jump URL. Ketikkan url yang Anda inginkan dengan lengkap, misalnya http://www.aaa.com dan bukan www.aaa.com saja.

* Sekali lagi tulis dengan lengkap termasuk dengan http://www
Klik OK, maka bagian kanan dari Window Help Topics akan menampilkan URL pilihan Anda.

Perlu diingat juga bahwa Jump URL tidak serta merta bebas dari blocking website, tips ini hanya digunakan untuk melakukan by pass karena browser Anda di block / disabled oleh Administrator.

3 komentar:

  1. Lha nek nang kantorku iku oleh nginstal browser opo ae, tapi nek masuk situs asyik koyok fesbuk ambek yutub ora iso mergo diblokir ambek administrator gawe KERIO. Dadi sing diblokir iku url-e, nek ngunu iku kiro-kiro kenek ta gak?

    *Takon sek baru nyobak :)

    BalasHapus
  2. @ fiz : jangan khawatir... pasti bisa kog... klo mentog ndak bisa... coba ketik "free private proxy" di google. Itu pasti ampuh hihihihihi.......

    BalasHapus
  3. Swip, tengkyu ijo-ijonya Gan! :)

    BalasHapus